Desaku yang kucinta - pujaan hatiku - tempat ayah dan bunda - dan handai taulanku - tak mudah kulupakan - tak mudah bercerai - selalu kurindukan - desaku yang permai . . .

Senin, 09 Mei 2011

C I M P L U N G

Siang ini, seorang teman kantor membagikan 'ketela-pohon' rebus. Sewaktu makan dan kuberi saus tomat ABC... ingatan ini melayang langsung pada makanan khas yang dulu pernah kumakan desaku dulu - - - namanya CIMPLUNG!

Berapa tahun aku tidak memakannya?

Wah.... kangen. Dia adalah ketela pohon yang dimasukkan ke dalam perebusan Gula Aren. Sehingga waktu matang dan diangkat, jadilah sejenis makanan bernama CIMPLUNG itu, ketela pohon rebus yang matang, dan disalut oleh gula aren... sedaphhhhh




Karena penasaran, cari di Google dan temukan BLOG ini : BLOGS DOT UNPAD DOT AC DOT ID - DESASUKAJAYA.



Ini naskahnya :

Tidak banyak mungkin yang mengetahui apa itu Cimplung. Kami pun sebelumnya tidak tahu apa itu Cimplung. Nama makanankah? Nama sejenis binatangkah? Atau mungkin sejenis tumbuhan. Sampai pada akhirnya ibu tetangga sebelah rumah yang kami tinggali memberi Cimplung itu, dan akhirnya kami tahu kalau itu merupakan nama sejenis makanan ringan yang terbuat dari Singkong.

Bagaimanakah bentuk Cimplung itu? Mungkin itu yang dipertanyakan oleh anda-anda sekalian. Bentuknya tidak berubah, tetap dalam bentuk singkong, tapi tentu saja kulitnya dikupas terlebih dahulu. Dan warnanya kuning kecoklat – coklatan. Rasanya? Jangan ditanya, kami semua disini sangat menyukai makanan itu. Itu memang makanan kampung tapi rasanya tidak ada tandingannya. Setiap kali berkunjung kerumah warga, yang pertama dicari adalah Cimplung. Sayangnya karena proses pembuatannya lama, kami sering kali kecewa karena tidak mendapatkan apa yang kami cari. Namun ada satu orang warga – Pak Ikin - yang berbaik hati mau membuatkan Cimplung sampai – sampai ia menyuruh anaknya untuk mengantarkan ke posko kami.Cara pembuatannya sendiri tidak sulit, hanya saja membutuhkan waktu yang lama agar Cimplung tersebut benar – benar jadi sempurna. Jadi, pertama – tama Air lahang direbus, Lalu ketika air lahangnya sudah mendidih singkongnya dimasukkan, kemudian tunggu sampai seharian agar air lahangnya menyerap ke dalam singkong. Air lahang itu sendiri merupakan gula merah setengah jadi yang awalnya merupakan hasil dari sadapan dari pohon kelapa yang memang merupakan mata pencarian masyarakat Sukajaya. Setelah seharian, Cimplung dapat dinikmati.

Selain singkong, ternyata masih ada beberapa buah-buahan yang dapat dijadikan Cimplung. Yaitu Kelapa dan Pisang. Kalau Cimplung Kelapa kami pernah mencicipi, namun kami belum pernah mencicipi Cimplung Pisang. Rasa Cimplung Kelapa tidak kalah enak namun menurut kami Cimplung Singkong tetap yang terenak. @Na_tomasu

Anda pasti punya makanan favorit di desa Anda. Apa ya? Aku pasti ingin tahu, dan jika ada kesempatan, pasti ingin mencicipinya - mencobanya! Ayo, bagikan pengalaman Anda tentang hal itu!

0 komentar:

Poskan Komentar